Home   Blog Posts   Pulau Tunda, Pulau Kecil nan Indah di Sebelah Utara Teluk Banten

Pulau Tunda, Pulau Kecil nan Indah di Sebelah Utara Teluk Banten

Pulau Tunda, Pulau Kecil nan Indah di Sebelah Utara Teluk Banten.Pulau Tunda merupakan sebuah pulau dengan luas kurang lebih 300 ha dengan penduduk sekitar 3000 orang yang di bagi ke dalam 1 desa yaitu desa Wargasara dan 2 dusun yaitu dusun Kampung Barat dan Dusun Kampung Timur.Pada awal tahun 1971, sebenarnya nama Pulau Tunda sudah mulai naik kepermukaan ketika Rano Karno yang saat itu sedang naik daun dan menjadi idola banyak masyarakat, mengadakan syuting salah satu adegan film yang dibintanginya yaitu Malin Kundang pada Pulau Tunda. Sayangnya setelah kejadian itu tidak ada ekspos lebih jauh sehingga hingga kini Pulau Tunda masih belum sepenuhnya di jelajahi wisatawan.

Pesona yang kini menarik hati para wisatawan untuk datang ke Pulau Tunda sudah mulai beragam dan tidak kalah menarik dari pesona yang di tawarkan oleh keindahan alam Kepulauan Seribu. Pada Pulau Tunda, terdapat pantai yang cantik, pemandangan bawah laut yang menakjubkan, kegiatan memancing yang seru dan trekking hutan.

Untuk bisa menuju Pulau Tunda, rute yang harus Anda lewati bisa dibilang mudah namun, membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung dari keadaan alam. Supaya bisa menuju Pulau Tunda, terlebih dahulu kita harus menembuh alur perjalanan darat menuju pelabuhan Karangantu yang ada di Serang Banteng. Apabila Anda berasal dari Jakarta, estimasi waktu yang harus dihabiskan untuk sampai ke pelabuhan Karangantu kurang lebih 2 jam. Sedangkankan waktu yang dihabiskan dari darat menuju Pulau Tunda kira – kira 2 – 2,5 jam.

Mengenai jadwal keberangkatan kapal, untuk saat ini hanya ada satu jam keberangkatan yaitu pada pukul satu siang sedangkan untuk kepulangan ada pada pukul 7 pagi setiap harinya. Kapal – kapal ini sebenarnya kapal yang disediakan untuk penduduk Pulau Tunda dan bukannya wisatawan, maka dari itu jadwalnya belum banyak.

Sesampainya di Pulau Tunda, hal yang harus Anda dapatkan tentu masalah penginapan bukan ? disini sudah tersedia banyak penginapan yang disediakan oleh penduduk Pulau Tunda dengan sistem Homestay. Sampai saat ini masih belum ada penginapan berbentuk vila yang tersedia di Pulau Tunda. Walaupun fasilitas penginapan masih berbentuk Homestay namun,  semua penginapan itu sudah baik dan nyaman untuk ditempati. Hanya saja Pulau Tunda memiliki sedikit masalah mengenai  aliran listrik yang belum stabil pada seluruh bagian Pulau Tunda, sehingga kebanyakan Homestay belum memiliki AC dan Anda harus siap jika sewaktu – waktu ada pemadangan listrik mendadak.  Apabila Anda tidak suka panas dan berkeringat, mungkin solusinya Anda bisa membawa kipas manual atau berbaterai sendiri sebagai jaga – jaga.

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan di Pulau Tunda tentu saja snorkeling, disini keberagaman ekosistem bawah laut Pulau Tunda bisa dibilang masih dalam keadaan sangat baik karena status Pulau Tunda yang memang belum 100% dieksplorasi. Untuk melakukan snorkeling, waktu yang paling ideal adalah antara pukul 8 – 12 siang. Pada waktu – waktu tersebut, pemandangan laut Pulau Tunda sedang dalam keadaan sempurna.

Selanjutnya setelah puas bermain air dan melihat pemandangan bawah laut Pulau Tunda yang indah, Anda bisa melanjutkan kegiatan dengan berfoto – foto ria pada spot foto mercusuar yang ada pada Pulau Tunda. Pada spot mercusuar ini, Anda juga bisa melihat sunset yang sangat indah karena posisi mercusuar yang sangat strategis.

Bagi yang hobi memancing, Pulau Tunda juga bisa dijadikan rencana liburan yang sempurna. Umumnya kegiatan memancing di Pulau Tunda akan dimulai pada dini hari yaitu sekitar pukul 12 atau pukul satu malam dan berakhir pada pukul 3 – 5 sore tergantung dari kemauan Anda.

Khusus untuk kegiatan memancing ini, sepertinya akan sulit jika Anda memilih untuk pergi sendiri karena ada banyak hal yang harus disiapkan. Akan jauh lebih mudah jika Anda memancing dengan rombongan atau bersama tour. Biasanya jika Anda menggunakan jasa tour, semuanya akan disiapkan mulai dari umpan hingga keperluan dapur untuk mengolah hasil tangkapan jika Anda ingin segera menyantapnya.

Bagi Anda yang tidak suka memancing, masih ada kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu trekking, baik trekking menyusuri hutan Pulau Tunda maupun trekking menyusuri tepian pantai Pulau Tunda. Tentu saja kegiatan trekking ini tidak boleh dilakukan seorang diri atau dalam rombongan kecil ya karena jika ada sesuatu yang terjadi, rombongan besar akan lebih mudah membantu. Paling tidak kumpulkanlah 10 – 15 orang sebelum trekking.Dikarenakan semua wisata yang di tawarkan Pulau Tunda masih berupa wisata outdoor, maka waktu yang pas untuk berlibur mengunjungi Pulau Tunda ada pada bulan Mei – November di mana curah hujan paling rendah. Keadaan cuaca yang mendukung akan sangat berpengaruh terhadap kesan – kesan Anda selama berlibur di Pulau Tunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.